Buku Tamu

Jethro

Tanggal Posting : Jumat, 17 November 2017 16:41

Alamat Email : jethro.thomas28@gmail.com

Uraian : Salam sejahtera,

Saya membutuhkan data profil penampang sungai (beserta dimensinya) citarum pada bagian hulu, tengah, dan hilir. Dimana saya bisa mendapatkan data tersebut ?
Terima kasih

Tanggapan :
Sdr. Jethro Yth

Terimakasih telah menghubungi website kami. Kami belum memiliki data teknis seperti yang saudara perlukan, namun saudara dapat menghubungi pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, melalui Telp. +62 22 7564073, Fax. (022) 7505760 atau melalui website www.bbwscitarum.com untuk mendapatkan data/informasi tersebut.

Terimakasih dan salam,
Admin Citarum

Asri Puspita

Tanggal Posting : Selasa, 24 Oktober 2017 15:08

Alamat Email : asripuspita619@gmail.com

Uraian : Perkenalkan nama saya ASRI dari STKIP Pasundan Cimahi. Saya sedang melakukan penelitian tentang sungai citarum. Yang saya mau tanyakan tentang permasalahan umum sungai citarum terbaru 2016 data-data nya bisa saya dapatkan dimana? makasih sebelumnya

Tanggapan :
Yth. Saudari Asri Puspita

Terimakasih telah menghubungi kami. Terkait data teknis yang saudari butuhkan, saudari dapat menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, melalui Telp. +62 22 7564073, Fax. (022) 7505760 atau melalui website www.bbwscitarum.com. Selain itu Saudari dapat menghubungi pihak pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pengelola Lingkungan Hidup dan Dinas Pengelola Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

Terimakasih dan sukses untuk penelitiannya.

Salam,
Admin Citarum

EDY JATMIKO

Tanggal Posting : Senin, 16 Oktober 2017 15:48

Alamat Email : djatmiko.75@gmail.com

Uraian : Yth : Cita Citarum<br />
<br />
Selamat siang, perkenalkan nama saya EDY JATMIKO, tinggal di Jepara - Jawa Tengah.<br />
<br />
Dalam hal ini saya sampaikan bahwa saya sering komunikasi dengan beberapa relasi asing untuk membahas tentang Citarum.<br />
<br />
sebab Citarum merupakan perhatian dunia, bukan lagi hanya negara kita yang memikirkan.<br />
<br />
Dalam diskusi mitu, kami sempat mengajukan pembuatan pos pemantau hutan dan pemantau aliran sungai Citarum.<br />
<br />
Dimana Pos tersebut berfungsi sebagai tempat sosial dan pendidikan masyarakat tentang pentingnya menjaga pelestarian lingkungan, baik menjaga hutan, menjaga sungai agar selalu bersih dan sekaligus pemantauan bencana <br />
<br />
Bencana kebakaran dan banjir dimusim hujan tentunya.<br />
<br />
Kami berniat membangun Pos dengan ukuran 36 M2 dan didirikan setiap 1 km dari hulu sampai kehilir.<br />
<br />
Pertanyaannya, kira kira berapa ratus unit jika ini kami bangun dari Bandung sampai ke dekat Jakarta (sebelum masuk Jakarta).<br />
<br />
Sebagai lembaga sosial penerima donatur ini, apakah kita menggunakan lembaga yang kita buat baru atau lembaga yang ada, jika sudah ada mohon info.<br />
<br />
Mohon kiranya, Cuta Citarum bisa membantu apa yang menjadi kendala pada diri kami.<br />
<br />
Terima kasih

Tanggapan :
Selamat siang Sdr. Edy Jatmiko

Terimakasih telah menghubungi kami.

Kami sangat menyambut baik antusias Bapak dan rekan-rekan dalam mendukung upaya pemulihan Sungai Citarum. Jika boleh kami sarankan, untuk koordinasi rencana pembangunan Pos Pemantauan tersebut, Sdr dapat menghubungi pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citarum yang berkewenangan dalam mengelola wilayah Sungai Citarum. Panjang Sungai Citarum dari hulu ke hilir (Kab. Karawang) adalah 267 km (tidak termasuk 3 bendungan besar). Sedangkan saluran tarum barat yang menuju ke Jakarta sepanjang 57 km. Untuk lebih lengkapnya kami mohon ijin untuk menghubungi langsung melalui email Saudara.

Terimakasih,
Admin Citarum

Indri

Tanggal Posting : Minggu, 24 September 2017 22:18

Alamat Email : terserah.indri.224@gmail.com

Uraian : selamat sore, saya mahasiswa ITENAS, saya mendapat tugas hidrologi untuk mencari data-data sekunder tentang sub das cikapundung (data/peta jenis tanah, penggunaan lahan, topografi, dll) jika bisa yang terbaru, saya dapat melihat dimana ya?

Tanggapan :
Sdr. Indri Yth,

Terimakasih telah berkunjung ke halaman website kami. Terkait dengan data-data yang saudara maksudkan mengenai Sungai Cikapundung, saudara dapat mencoba menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, melalui Telp. +62 22 7564073, Fax. (022) 7505760 atau melalui website www.bbwscitarum.com. Selain itu saudara juga dapat menghubungi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat di Jl. Braga No.137, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Telepon: (022) 4236113. Semoga dapat membantu.

Salam Lestari,
Admin Citarum

Debora

Tanggal Posting : Kamis, 03 Agustus 2017 18:13

Alamat Email : debora.fransisca@gmail.com

Uraian : Assalamualaikum ... saya mau mencari info dan membeli tas eceng gondok yang ada di koperasi bangkit bersama. Boleh minta contact person yang bisa saya hubungi ? Terima kasih.

Tanggapan :
Sdr. Debora Yth,

Selamat sore, terimakasih telah berkunjung dan menghubungi website kami. Untuk mengetahui informasi mengenai kegiatan Koperasi Bangkit Bersama dan membeli produk hasil kerajinan dari Eceng Gondok, saudari dapat menghubungi Bapak Indra Darmawan di Hp. 085974992590.

Terimakasih dan salam,
Admin Citarum

Yudhistira

Tanggal Posting : Senin, 31 Juli 2017 19:23

Alamat Email : yudhistiratrisna@gmail.com

Uraian : assalamu'alaikum,... Saya yudhistira, bertempat tinggal di jakarta. Saya dan Perusahaan tempat saya bekerja tertarik dengan Pengolahan Sampah Plastik yang dilakukan koperasi Bangkit Bersama. Apabila di izin kan kami berkunjung kesana untuk menimba ilmu bisa hendak nya berbagi dengan kami. Terima Kasih Sebelum nya...

Tanggapan :
Sdr. Yudhistira Yth

Selamat sore, terimakasih telah berkunjung dan menghubungi website kami. Untuk mengetahui informasi mengenai kegiatan Koperasi Bangkit Bersama dan rencana kunjungan untuk mengetahui kegiatan pengelolaan sampah yang mereka lakukan, saudara dapat menghubungi Bapak Indra Darmawan di Hp. 085974992590.

Terimakasih dan salam,
Admin Citarum

Karina Putri Nurma Gumpita

Tanggal Posting : Senin, 12 Juni 2017 23:35

Alamat Email : karinagumpita@yahoo.com

Uraian : Selamat sore Bapak/Ibu..
Nama saya Karina Putri, saya mahasiswi semester 6 prodi Sistem Pembangkit Energi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.. Saya adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, dimana di tugas akhir saya ini saya akan memanfaatkan Sungai Citarum sebagai salah satu sumber energi terbarukan. Kebetulan saya membutuhkan data untuk lebar sungai Citarum di Kecamatan Dayeuh Kolot, Bandung.. Terimakasih sebelumnya

Tanggapan :
Yth. Saudari Karina

Terimakasih telah menghubungi kami. Terkait data teknis yang saudari butuhkan, saudari dapat menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, melalui Telp. +62 22 7564073, Fax. (022) 7505760 atau melalui website www.bbwscitarum.com. BBWS Citarum memiliki kegiatan rehabilitasi saluran pengendali banjir di kawan tersebut.

Terimakasih dan sukses untuk tugas akhirnya.

Salam,
Admin Citarum

Dani Hermana

Tanggal Posting : Kamis, 27 April 2017 21:29

Alamat Email : dani@lpik.itb.ac.id

Uraian : Yth. Admin Cita Citarum yang saya banggakan.

Mohon infonya, apa ada jadwal kegiatan pungut sampah secara serempak dari hulu Citarum sampai Saguling?

Sedih dan malu sama dunia karena Citarum banyak sampah hanya salahsatunya gara-gara masyarakat sulit mencari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang sangat terbatas. Masyarakat tidak akan "nakal" kalau TPSnya memadai.

Terimakasih Admin.
Salam untuk Citarum Lebih Baik

Tanggapan :
Sdr. Dani Hermana Yth

Terimakasih telah menghubungi kami. Saat ini program Citarum Bestari yang dipelopori oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang giat melakukan kegiatan EcoVillage yang mendorong komunitas untuk berpartisipasi dalam pemulihan sungai melalui program-program di masyarakat. Salah satunya adalah kegiatan bersih sungai yang saat ini sering dilakukan. Beberapa komunitas juga aktif dalam melakukan gerakan penanganan sampah di sungai. Jika saudara tertarik untuk bergabung bisa menghubungi Komunitas Elingan (085220288607), atau KBB (085974992590). Terimakasih atas kepeduliannya, semoga Citarum bisa segera pulih dan bisa membanggakan masyarakat yang ada di Jawa Barat.

Salam,
Admin Citarum

Herjuna Rasyid

Tanggal Posting : Minggu, 16 April 2017 00:02

Alamat Email : junarasyid.hr@gmail.com

Uraian : Selamat sore Bapak/Ibu,perkenalkan saya Herjuna Rasyid dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saya dari jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan. Kami ingin memohon bantuan Bapak/Ibu untuk berkenan menjawab beberapa pertanyaan di bawah yang akan kami tuliskan guna memenuhi tugas kuliah kami. Ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan :
1. Apakah program Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program benar dilaksanakan di sekitar daerah aliran sungai Citarum?
2. Dimana tepatnya lokasi kegiatan dari program tersebut?
3. Apakah program tersebut masih berjalan?
4. Adakah evaluasi dari program tersebut?


Terima kasih atas berkenannya Bapak/Ibu untuk menjawab pertanyaan kami.

Tanggapan :
Sdr. Herjuna Rasyid Yth.

Terimakasih telah menghubungi kami. Kami coba menjawab pertanyaan saudara.

1. Program ICWRMI dilaksanakan pada tahu 2009-2015 di Wilayah Sungai Citarum.
2. Kegiatan ICWRMIP dilaksanakan oleh 6 Kementerian dengan lokasi yang tersebar dari hulu hingga lihir. Untuk mengetahui kegiatan apa saja dan lokasi pastinya, dapat dilihat pada website bagian Roadmap/ICWRMIP Tahap I/Lokasi Kegiatan.
3. Saat ini program ICWRMIP untuk Tahap I telah berakhir.
4. Untuk evaluasi kegiatan sudah dilakukan melalui kegiatan Independent, Monitoring and Evaluation (IME) Citarum.
Semoga dapat membantu.

Salam,
Admin Citarum

Christina Dewi S

Tanggal Posting : Jumat, 14 April 2017 18:37

Alamat Email : sarassati007@gmail.com

Uraian : saya dari Fisipol UGM, ingin mengadakan penelitian tentang implementasi program ICWRMIP mengenai kegiatan konservasi lahan di hulu DAS Citarum dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat. yang ingin saya tanyakan, apa saja bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan ? serta daerah mana saja yang telah melaksanakan kegiatan tersebut? terimakasih

Tanggapan :
Sdr. Christina Yth

Terimakasih telah menghubungi kami.
Dalam kegiatan konservasi di kawasan hulu DAS Citarum, ICWRMIP melakukan beberapa kergiatan diantaranya:
1. Kegiatan Konservasi CWMBC yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Konservasi Kawasan Lahan Perkebunan dan Pertanian yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian.
3. Kegiatan uji coba (PDA) konservasi lingkungan yang melibatkan komunitas, dilaksanakan oleh Kementerian BAPPENAS.

Bentuk pemberdayaan dan lokasi kegiatannya dapat dilihat pada publikasi kami yang sudah kami upload di website www.citarum.org:
1. Mastaka Citarum
2. Dukungan Kementerian Pertanian Dalam Konservasi Lahan Terpadu Hulu Sungai Citarum, dan
3. Booklet 11 Kegiatan Pilot Masyarakat di Hulu Citarum

Semoga bisa menjawab pertanyaan saudari.

Terimakasih,
Admin Citarum