Buku Tamu

Dani Hermana

Tanggal Posting : Kamis, 27 April 2017 21:29

Alamat Email : dani@lpik.itb.ac.id

Uraian : Yth. Admin Cita Citarum yang saya banggakan.

Mohon infonya, apa ada jadwal kegiatan pungut sampah secara serempak dari hulu Citarum sampai Saguling?

Sedih dan malu sama dunia karena Citarum banyak sampah hanya salahsatunya gara-gara masyarakat sulit mencari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang sangat terbatas. Masyarakat tidak akan "nakal" kalau TPSnya memadai.

Terimakasih Admin.
Salam untuk Citarum Lebih Baik

Tanggapan :
Sdr. Dani Hermana Yth

Terimakasih telah menghubungi kami. Saat ini program Citarum Bestari yang dipelopori oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang giat melakukan kegiatan EcoVillage yang mendorong komunitas untuk berpartisipasi dalam pemulihan sungai melalui program-program di masyarakat. Salah satunya adalah kegiatan bersih sungai yang saat ini sering dilakukan. Beberapa komunitas juga aktif dalam melakukan gerakan penanganan sampah di sungai. Jika saudara tertarik untuk bergabung bisa menghubungi Komunitas Elingan (085220288607), atau KBB (085974992590). Terimakasih atas kepeduliannya, semoga Citarum bisa segera pulih dan bisa membanggakan masyarakat yang ada di Jawa Barat.

Salam,
Admin Citarum

Herjuna Rasyid

Tanggal Posting : Minggu, 16 April 2017 00:02

Alamat Email : junarasyid.hr@gmail.com

Uraian : Selamat sore Bapak/Ibu,perkenalkan saya Herjuna Rasyid dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saya dari jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan. Kami ingin memohon bantuan Bapak/Ibu untuk berkenan menjawab beberapa pertanyaan di bawah yang akan kami tuliskan guna memenuhi tugas kuliah kami. Ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan :
1. Apakah program Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program benar dilaksanakan di sekitar daerah aliran sungai Citarum?
2. Dimana tepatnya lokasi kegiatan dari program tersebut?
3. Apakah program tersebut masih berjalan?
4. Adakah evaluasi dari program tersebut?


Terima kasih atas berkenannya Bapak/Ibu untuk menjawab pertanyaan kami.

Tanggapan :
Sdr. Herjuna Rasyid Yth.

Terimakasih telah menghubungi kami. Kami coba menjawab pertanyaan saudara.

1. Program ICWRMI dilaksanakan pada tahu 2009-2015 di Wilayah Sungai Citarum.
2. Kegiatan ICWRMIP dilaksanakan oleh 6 Kementerian dengan lokasi yang tersebar dari hulu hingga lihir. Untuk mengetahui kegiatan apa saja dan lokasi pastinya, dapat dilihat pada website bagian Roadmap/ICWRMIP Tahap I/Lokasi Kegiatan.
3. Saat ini program ICWRMIP untuk Tahap I telah berakhir.
4. Untuk evaluasi kegiatan sudah dilakukan melalui kegiatan Independent, Monitoring and Evaluation (IME) Citarum.
Semoga dapat membantu.

Salam,
Admin Citarum

Christina Dewi S

Tanggal Posting : Jumat, 14 April 2017 18:37

Alamat Email : sarassati007@gmail.com

Uraian : saya dari Fisipol UGM, ingin mengadakan penelitian tentang implementasi program ICWRMIP mengenai kegiatan konservasi lahan di hulu DAS Citarum dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat. yang ingin saya tanyakan, apa saja bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan ? serta daerah mana saja yang telah melaksanakan kegiatan tersebut? terimakasih

Tanggapan :
Sdr. Christina Yth

Terimakasih telah menghubungi kami.
Dalam kegiatan konservasi di kawasan hulu DAS Citarum, ICWRMIP melakukan beberapa kergiatan diantaranya:
1. Kegiatan Konservasi CWMBC yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
2. Konservasi Kawasan Lahan Perkebunan dan Pertanian yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian.
3. Kegiatan uji coba (PDA) konservasi lingkungan yang melibatkan komunitas, dilaksanakan oleh Kementerian BAPPENAS.

Bentuk pemberdayaan dan lokasi kegiatannya dapat dilihat pada publikasi kami yang sudah kami upload di website www.citarum.org:
1. Mastaka Citarum
2. Dukungan Kementerian Pertanian Dalam Konservasi Lahan Terpadu Hulu Sungai Citarum, dan
3. Booklet 11 Kegiatan Pilot Masyarakat di Hulu Citarum

Semoga bisa menjawab pertanyaan saudari.

Terimakasih,
Admin Citarum

Annisa Noyara

Tanggal Posting : Rabu, 15 Maret 2017 23:19

Alamat Email : annisanoyara@gmail.com

Uraian : Salam,

Nama saya Noyara, mahasiswi program master Water Science and Management di Utrecht University. Di tahun terakhir studi ini, saya sedang melakukan penelitian tesis dengan tujuan identifikasi akar permasalahan, analisis kondisi eksisting, dan perumusan rekomendasi untuk menjawab empat tantangan klasik pengelolaan air di Kota Bandung. Empat tantangan tersebut adalah: banjir, distribusi air bersih, pengelolaan air limbah dan limbah padat, serta urban heat island.

Salah satu fokus utama penelitian di Bandung ini adalah meningkatkan governance capacity terutama yang terkait empat tantangan di atas. Menggunakan pendekatan City Blueprint dari EIP-Water, saya membutuhkan partisipasi dari badan pemerintah dan organisasi (swasta dan publik) yang terkait langsung dengan isu ini (relevant stakeholder). Cita Citarum tentu saja termasuk aktor utama yang saya harapkan perspektifnya dalam penelitian ini, terutama seputar pelaksanaan ICWRMIP. Untuk itu, saya mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengizinkan saya melakukan wawancara dan diskusi dengan setidaknya dua staf ahli Cita-Citarum.

Pertanyaan saya, bagaimana prosedur untuk melakukan wawancara ini? Saya akan datang ke Bandung dan memulai penelitiannya di akhir Maret 2017 ini.

Terimakasih atas kerjasama Bapak/Ibu.

Tanggapan :
Saudari Noyara Yth,

Terimakasih telah menghubungi kami.
Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ICWRMIP, saudari dapat menghubungi kami di:
Roadmap Coordination and Management Unit (RCMU)
Direktorat Pengairan dan Irigasi - BAPPENAS
Jl.Taman Suropati No.2 Jakarta Pusat 10310
Telp. +62-3926186
Fax. +62-3149641

Salam,
Admin Citarum

Ginar Suma Pratami

Tanggal Posting : Rabu, 15 Maret 2017 00:07

Alamat Email : ginarsukma07@gmail.com

Uraian : Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat sore,
Perkenalkan, saya Ginar seorang mahasiswa teknik sipil dan lingkungan dari IPB. Saya tertarik untuk melakukan praktek lapang yang berkaitan dengan pengelolaan sungai Citarum. Berkenaan dengan hal tersebut, kepada siapa saya dapat berkonsultasi?

Tanggapan :
Saudara Ginar Suma, Yth.

Terimakasih telah menghubungi kami.
Terkait dengan ketertarikan saudara dalam melakukan kerja prakterk, bisakah saudara menginformasikan bidang yang saudara minati. Kami akan coba mengarahkan ke pihak-pihak yang bersangkutan.

Salam,
Admin Citarum

Zahara Sitta Iskandar

Tanggal Posting : Kamis, 02 Februari 2017 22:00

Alamat Email : zaharasittaiskandar@gmail.com

Uraian : Selamat Siang

Perkenalkan saya Zahara Sitta Iskandar, mahasiswi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Saya ingin bertanya, jika saya berniat untuk mengadakan kegiatan yang berkolaborasi dengan cita-cita Citarum terkait kondisi masyarakat yang ada di bantaran sungai citarum apakah memungkinkan?

Terimakasih

Tanggapan :
Yth.Sdr Zahara

Terimakasih telah mengunjungi website kami, saudari dapat mengirimkan rencana kegiatannya dan akan kami coba bantu untuk mengarahkan ke pihak-pihak yang terkait.

Salam,
Admin Citarum

Patricia Lovina

Tanggal Posting : Kamis, 12 Januari 2017 23:12

Alamat Email : lovinapatricia2000@gmail.com

Uraian : Selamat siang, saya seorang pelajar SMA dan ingin melakukan penelitian mengenai air sungai citarum. Tepatnya pada kilometer sungai yang ke berapakah tempat yang paling baik untuk mengambil airnya?

Terimakasih atas perhatiannya

Tanggapan :
Sdr. Patricia Yth

Selamat Siang,

Untuk melihat kualitas air wilayah Sungai Citarum yang masih baik dapat melihat di mata air utamanya di kawasan hulu tepatnya di Situ Cisanti tepatnya di km 0 Citarum. Sedangkan untuk melihat kualitas air yang tercemar limbah industri dapat melihat di kawasan Ciwalengke dan Rancaekek, sekitar km 30 sd 40.

Salam,
Admin Citarum

Dena Abdul Aziz

Tanggal Posting : Selasa, 22 November 2016 16:49

Alamat Email : denaaziz08@gmail.com

Uraian : Assalamualaikum. Pa saya Dena dari jurusan bahasa dan sastra sunda Unpad. Saya mau meneliti data kebahasaan daftar nama anak sungai citarum. Apakah ada? Terima kasih

Tanggapan :
Sdr. Dena Abdul Aziz Yth,

Terimakasih telah menghubungi kami. Terkait dengan ketertarikan saudara mengenai kebahasaan datar nama anak Sungai Citarum, saudara dapat menghubungi pakar-pakar Budaya Sunda. Salah satu pakar ilmu kebumian yaitu Bpk. T Bachtiar bisa menjadi salah satu nara sumber. Beliau juga memiliki reverensi pakar-pakar terkait yang bisa dimintai keterangan/dijadikan nara sumber.

Terimakasih dan salam,
Admin Citarum

Ifan

Tanggal Posting : Rabu, 09 November 2016 04:14

Alamat Email : syaban.ibnu.kosasih@gmail.com

Uraian : maaf, boleh minta peta RBI yang salabintana 1209-124??

Tanggapan :
Sdr Ifan Yth,

Terimakasih telah menguhungi kami. Setelah kami periksa, ternyata kami tidak mempunyai peta yang saudara maksudkan. Saudara dapat coba menghubungi Badan Informasi Geospasial untuk peta/informasi yang lebih lengkap di www.bakosurnatal.go.id.

Salam,
Admin Citarum

Asyraf Mustaffa

Tanggal Posting : Selasa, 08 November 2016 20:50

Alamat Email : asyraf.mustaffa@live.com.sg

Uraian : Hi,

I'm an undergraduate from Nanyang Technological University in Singapore. Me and some undergraduate friends are interested in the environmental efforts for the Citarum River. We understand that this includes river clean up and education, and we would like to know more about the efforts in providing alternative solutions to the use of hazardous and toxic chemicals in the textile industry. We are interested in providing a helping hand in this particular aspect. Thank you!

Tanggapan :
Dear Mr. Mustaffa,

Thank you for contact us. We can help you to connect with stakeholder and community organisation which concern about pollution and water quality, especially the impact of the chemical discharge from textile industry. Could you give us information on what aspect you're interested? Thank you.

Regards,
Citarum Admin