Sampah Tutupi Sungai Cikapundung

http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/02/12/360632/sampah-tutupi-sungai-cikapundung

12 Februari, 2016

Sampah Tutupi Sungai Cikapundung

SOREANG, (PRLM).- Aliran Sungai Cikapundung yang mengalir ke Sungai Citarum di Kampung Leuwibandung, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung tertutup sampah. Akibat tumpukan sampah itu, selain menghambat aliran air juga menimbulkan bau tidak sedap.

Menurut warga sekitar Rohendi (45), sampah tersebut diduga dari Kota Bandung yang terbawa arus Sungai Cikapundung. Jenis sampah pun beragam, mulai sampah rumah tangga hingga sampah industri. "Tumpakan sampah semakin banyak. Jika terus dibiarkan, kami khawatir akan terjadi banjir karena aliran air tersendat," kata Rohendi, Jumat (12/2/2016).

Selain khawatir terjadinya banjir, warga di sekitar bantaran Sungai Cikapundung di Kecamatan Bojobgsoang pun mengeluhkan bau yang tidak sedap. Meski peraturan daerah terkait pembuangan sampah ditegakkan, tetapi hal itu tidak akan berjalan optimal jika tidak didukung kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Warga pun berharap ada solusi terkait permasalahan sampah tersebut. "Harapan saya maunya sampah tidak sampai seperti ini. Saat ini belum ada penanggulangan sampah," ujar Rohendi. (Ecep Sukirman)***