Keindahan Tersembunyi di Hulu Sungai Citarum

http://travel.detik.com/read/2016/02/12/152000/3130114/1025/1/keindahan-tersembunyi-di-hulu-sungai-citarum#menu_stop

Jum'at, 12/02/2016

Keindahan Tersembunyi di Hulu Sungai Citarum

detikTravel Community -  

Sungai Citarum di Jawa Barat diketahui kotor dan tercemar polusi limbah. Namun walau begitu, bagian hulunya begitu bersih dan masih alami.

Dicap sebagai salah satu sungai paling tercemar di dunia, Sungai Citarum tetaplah memiliki peranan penting dalam penyediaan air di Jawa Barat, Indonesia. Namun siapa sangka, dibalik ironi tersebut terdapat hulu sungai yang mampu menjadi daya tarik para wisatawan. 

Hulu sungai Citarum ini berada di Situ Cisanti, dekat dengan Perkebunan Teh Malabar, Pangalengan. Untuk bisa menikmati pemandangan di Situ Cisanti harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Bandung. Ada dua alternatif rute yang bisa diambil, pertama jalur alun-alun Ciparay, Bandung – Buah Batu – Terminal Ciparay – Kecamatan Kertasari.

Dan rute kedua yakni melalui jalur Pangalengan, Bandung – Moh Toha – Banjaran – Pangalengan – perkebunan dan pabrik Teh Malabar di Desa Babakan.

Letak Situ Cisanti yang tepat berada di kaki Gunung Wayang pun menjadi faktor udara di sini begitu menyegarkan, sejuk, dan jauh dari polusi perkotaan. Cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman. 

Selain itu, aktivitas lain yang bisa dilakukan yakni keliling danau menggunakan perahu atau memancing. Namun apabila Anda punya waktu lebih, sempatkan untuk kemping. Karena saat matahari mulai menampakkan wujudnya, keindahan Situ Cisanti akan nampak lebih cantik dibanding jam-jam biasa.

Anda tidak perlu resah masalah fasilitas. Di sini tersedia toilet umum, mushola, dan lahan parkir. Warung penjaja makanan dan kopi pun akan banyak ditemui, jadi jangan khawatir apabila perut mulai meraung merasakan kelaparan. 

Harga tiket masuk ke Situ Cisanti ini sebesar Rp 7.500/orang. Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Terjangkau bukan? Titik 0 km Sungai Citarum ini mampu menjadi alternatif wisata murah bagi list destinasi Anda selanjutnya. 

Jadi, tunggu apalagi! Bergegas ajak orang tersayang dan selamat menikmati kesegaran udara yang ditawarkan.