Kunjungan 48 Mahasiswa HEC Paris ke Citarum

Bandung – Sebanyak 48 mahasiswa master dan dosen pendamping dari Hautes études commerciales de Paris (HEC) mengunjungi kantor Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) (12/4/13).

Kunjungan ini merupakan rangkaian dari agenda kegiatan riset lapangan yang rutin dilakukan oleh universitas yang berdiri sejak tahun 1881 ini. “Kami mengetahui tentang Sungai Citarum ketika sedang melakukan riset tentang Indonesia. Isunya sangat menarik. Karena itu kami memasukkannya dalam agenda kunjungan ke Indonesia tahun ini untuk belajar mengenai isu, permasalahan dan program yang sedang dilakukan” kata Roger Peek, mahasiswa dan perwakilan rombongan mahasiswa dalam kata sambutannya. Karena masalah waktu dan jadwal yang ketat, Roger menyayangkan bahwa dalam kesempatan kali ini mereka tidak dapat mengunjungi sungai Citarum dan melihat langsung kondisinya saat ini.

Rombongan HEC yang terdiri dari mahasiswa dari 21 negara ini diterima oleh perwakilan BBWS Citarum, yang diwakili oleh Ir. Heriyadi Dwijoyanto, Kepala Bagian Tata Usaha dan Sosilawati, ST., MT, Kepala Program Perencanaan BBWSC. Selain itu hadir juga Candra R. Samekto, ST. M.Sc dari Bappenas yang membantu mempresentasikan tentang Citarum Roadmap dan ICWRMIP kepada rombongan mahasiswa. Candra yang saat ini sedang cuti untuk studi terlibat dalam penyusunan dan pengembangan Citarum Roadmap dan Program ICWRMIP sejak tahun 2007.

Para mahasiswa silih berganti mengajukan pertanyaan dalam sesi diskusi. Pertanyaannya bervariasi dari masalah teknis seperti penanganan banjir, pengerukan, koordinasi program Citarum Terpadu di antara para pemangku kepentingan hingga pertanyaan mengenai kampanye publik untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap Sungai Citarum dan masalah perubahan iklim di Wilayah Sungai Citarum.

“Permasalahan di Citarum ini ternyata sangat kompleks, tetapi sangat menarik. Setelah mendengar penjelasan tentang Sungai Citarum dan program yang sedang dilakukan, saya ingin tahu lebih banyak. Saya sudah menyiapkan daftar pertanyan, tetapi sayang waktunya terbatas. Saya harus kembali lagi ke Indonesia” kata Clement, mahasiswa asal Jerman.


Menyimak penjelasan tentang Citarum Roadmap dan ICWRMIP yang dibawakan oleh Candra R. Samekto, ST. M.Sc dari Bappenas.

 


Sebagian peserta dari HEC berpose bersama dengan staf serta konsultan BBWS Citarum dan Bappenas.