Rangkaian Sosialisasi Rehabilitasi Saluran Tarum Barat

Sepanjang bulan Oktober hingga Desember 2013, rangkaian sosialisasi terkait Rehabilitasi Saluran Tarum Barat (STB) dilakukan di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Jakarta.  Aliran Sungai Citarum dari Jatiluhur melewati Saluran Tarum Barat untuk suplai air baku DKI Jakarta.

Keterangan foto: Sosialisasi di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi (13/11/13)

Karena kondisinya yang semakin menurun akibat sampah, sedimentasi, limbah serta rusaknya beberapa bangunan air, maka saluran ini perlu direhabilitasi. Rehabilitasi STB yang direncanakan sepanjang 54,2 km dari Bendung Curug hingga Bendung Bekasi ini merupakan bagian dari kegiatan Program ICWRMIP Tahap 1. Pelaksana Proyek berada dibawah Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC). Lahan di sepanjang STB sebagian besar merupakan milik Kementerian PU yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta II (PJT II).

Dari desain teknis terbaru dan survey pembaharuan data yang dilakukan pada periode waktu November 2011 hingga Maret 2012 ini diketahui bahwa ada 1.320 KK atau 4.702 jiwa yang akan terkena dampak Proyek di 34 Desa, 12 kecamatan di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang.

 

Keterangan foto: Sosialisasi harga satuan dan program pelatihan mata pencaharian di Desa Mulyajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat (14/11/13), Kab.Karawang.

Dwi Apriyanti, konsultan tim Resettlement ICWRMIP mengatakan “Dalam rangkaian sosialisasi di desa-desa di 3 kabupaten/kota ini selama Oktober-November 2013 ini, masyarakat dijelaskan tentang harga satuan dan program. Masyarakat juga membantu verifikasi untuk hasil pendataan tentang aset mereka yang terkena. Jika sudah jelas dan disetujui, maka warga menandatangani Berita Acara. Verifikasi data dan nominal selanjutnya akan dilakukan pada saat fasilitasi pembukaan rekening”.

Tahapan selanjutnya yaitu tim konsultan dan BBWSC merumuskan mekanisme pembayaran dan pelatihan mata pencaharian bagi warga Rumah Tangga Terkena Dampak yang berminat untuk mengikuti pelatihan.

Rangkaian Lokakarya Persiapan

 

Keterangan foto: (kiri) Lokakarya Persiapan Pelaksanaan Rencana Permukiman Kembali di Jakarta (16/12/13) dan (kanan) di Kota Bekasi (17/12/13).

Setelah sosialisasi di tingkat masyarakat selesai, pada pertengahan Desember 2013, BBWSC dan tim Resettlement Plan serta Asian Development Bank (ADB) melakukan serangkaian lokakarya Persiapan Pelaksanaan Rencana Permukiman Kembali  di tingkat pemerintahan, baik pusat maupun di pemerintah Kabupaten/Kota. Dokumen Rencana Permukiman Kembali telah disetujui oleh Asian Development Bank (ADB) pada 9 Desember 2013**. Di tingkat pemerintah daerah, peserta lokakarya ini adalah anggota Resettlement Working Groups (RWG) yang terdiri dari BBWSC, Pemerintah Daerah dan instansi terkait seperti Bappeda Kabupaten/Kota hingga para kepala desa di lokasi Proyek.

Pada rangkaian lokakarya ini, yang dibahas antara lain yaitu: (1) Ringkasan Rehabilitasi Saluran Tarum Barat  (2) Mekanisme Pembayaran Kompensasi  (3) Fasilitasi Relokasi  (4) Mekanisme Penanganan Keluhan  dan (5) Skema Program Pemulihan Mata Pencaharian. Selain rangkaian lokakarya persiapan ini juga dilakukan pelatihan bagi para fasilitator yang akan bertugas di lapangan untuk mendampingi proses fasilitasi relokasi dan pembayaran.

Jika seluruh proses administrasi telah selesai dilakukan, maka diharapkan pada periode akhir Desember 2013 hingga Maret 2014, pembayaran kompensasi ini sudah bisa dilakukan.

  

Keterangan foto: Sebagian peserta Persiapan Pelaksanaan Rencana Permukiman Kembali di Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang (17-18/12/13).

** Rencana Permukiman Kembali (RPK) adalah rencana aksi yang disusun untuk suatu kurun waktu tertentu yang memuat di dalamnya prinsip-prinsip permukiman kembali, seperti hak-hak Rumah Tangga Terkena Dampak (RTD), strategi pemberian kompensasi, fasilitasi relokasi, perbaikan mata pencaharian, sumber pembiayaan, tugas institusi pelaksana, monitoring dan evaluasi.

Teks: Diella Dachlan, Foto: Deden Iman

Artikel terkait:
Rehabilitasi Saluran Tarum Barat
http://www.citarum.org/node/1400

Hasil Pendataan Ulang Saluran Tarum Barat
http://www.citarum.org/node/1139

Konsultasi Dengan Warga Tarum Barat di Karawang
http://www.citarum.org/node/1053

Pembangunan Siphon Bekasi
http://www.citarum.org/node/1186