Gotong Royong Bersihkan Sungai Cidurian

Bandung - Seruas sungai Cidurian sepanjang 1,6 kilometer di jl Soekarno Hatta, Kota Bandung, memerah oleh ratusan sukarelawan yang terjun untuk membersihkan sungai (19/12/13).

Keterangan foto: Sukarelawan membersihkan sampah di aliran Sungai Cidurian di Kota Bandung (19/12/13).

Gerakan Clean Up Your City yang kali ini mengambil lokasi di Sungai Cidurian, Kota Bandung, merupakan gerakan bersama antara Greeneration Indonesia, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC), Cidurian Rehabilitation Programme (CRP) dan Dinas Kebersihan Kota Bandung, yang dibantu oleh jaringan convenience store Circle K.

Kegiatan “Clean Up Your City” merupakan visi lingkungan perusahaan kami untuk tanggungjawab lingkungan. Tidak hanya bersih sungai, namun juga membersihkan pantai, taman, jalan dan pantai. Dananya berasal dari donasi sukarela konsumen toko kami yang mengurangi penggunaan kantong plastik”  kata Gunawan Indro Baskoro, Corporate Affairs & Investor Relation Director Circle K Indonesia.

Kegiatan pilot ini juga menghasilkan sumbangan 1 buah motor bak dan membayar petugas untuk membersihkan sampah dari Sungai Cidurian di ruas Jalan Inspeksi Sungai Cidurian selama beberapa bulan.

cidurianclean-02 Keterangan foto: kesibukan sukarelawan membersihkan sungai Cidurian.


Diet Kantong Plastik yang Ekonomis

cidurianclean-03“Gagasan ini bermula dari sebuah konsep yang berusaha memadukan efisiensi, ekonomi dan kegiatan lingkungan” kata M. Bijaksana Junerosano atau yang dipanggil Sano, CEO Greeneration Indonesia, ketika ditemui di kantor BBWS Citarum (19/12/13).

Secara  rinci, Sano menjelaskan gagasan gerakan “Diet Kantong Plastik” bermula dari keprihatinannya terhadap penggunaan kantong plastik baik oleh para pengusaha dan konsumennya.  Idenya sederhana, konsumen yang berbelanja di toko ditawarkan untuk membeli tas belanja yang nantinya dapat dipergunakan untuk selanjutnya atau memberi donasi sukarela jika menggunakan kantong plastik. Donasi yang terkumpul ini digunakan untuk melakukan aktivitas lingkungan.

Keterangan foto: M.Bijaksana Junerosano, CEO Greeneration Indonesia.

Menjual gagasan yang tampaknya sederhana ini ternyata tidak mudah. “Kami membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk meyakinkan pihak Circle K untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan ini” kata Sano. Ternyata hasilnya cukup menggembirakan. Ketika dilaksanakan selama periode 2010-2013, donasi konsumen ini terkumpul hingga Rp 200 juta.

“Dana ini yang digunakan untuk mendanai kegiatan Clean Up Your City yang sudah berjalan Jakarta, Bandung dan 5 kota besar lainnya di Indonesia. Jadi idenya dari konsumen untuk konsumen lagi, yang juga bermanfaat bagi lingkungan” tambah Gunawan.

Efek lainnya yang sangat menggembirakan menurut Sano adalah dalam setahun, penurunan kantong plastik di jaringan Circle K mencapai 8 juta lembar plastik. “Harga kantong plastik itu sekitar Rp 100 per lembar. Gerakan ini bukan hanya menghemat pembuangan plastik, tetapi juga efisiensi hampir Rp 800 juta. Itu baru dari 1 retailer, sedangkan kita tahu ada beberapa retailer yang operasinya sudah cukup besar. Bayangkan betapa banyaknya kita menghemat anggaran dan sampah jika gerakan ini dilakukan bersama” Kata Sano bersemangat.

Gerakan Komunitas untuk Cidurian

Di beberapa ruas Sungai Cidurian di Kota Bandung, sudah terdapat beberapa komunitas penggiat lingkungan yang cukup aktif. Salah satunya adalah gerakan Bandung Green and Clean, Komunitas Engkang-Engkang, kegiatan para pensiunan di RW 4 Kelurahan Manjahlega yang berada dekat dengan Jalan Inspeksi Cidurian, dan lain sebagainya.

Keterangan foto: Gugun mencatat titik pembuangan sampah di sepanjang aliran Sungai Cidurian bersama Ahmad Muharam dari CRP.

Komunitas Cidurian Rehabilitation Program (CRP) bersama Cita-Citarum melakukan dokumentasi dan pemetaan titik sampah di Sungai Cidurian pada pertengahan Desember 2013 ini.

“Dari hasil jalan kaki dan merekam dengan GPS, kami menemukan ada sekitar 77 titik sampah dari hulu Sungai Cidurian hingga hilirnya di Citarum di Kecamatan Bojong Soang” Kata Gunawan dari CRP.

“Berbeda dengan Sungai Cikapundung, di Sungai Cidurian sudah ada  jalan inspeksi, sehingga lebih mudah untuk menyusurinya dan semoga lebih mudah untuk membersihkannya” kata Gunawan atau Gugun yang juga aktif membantu kegiatan di Sungai Cikapundung dan Citarum membandingkan hasil penemuannya di Cidurian.

Sungai Cidurian merupakan salah satu anak Sungai Citarum sepanjang 20 kilometer, berhulu di Kampung Buntis, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, melewati Kota Bandung dan bermuara di desa Buah Batu, Kec.Bojong Soang, Kab.Bandung.

cidurianclean-05 Keterangan foto: Muara Sungai Cidurian di Sungai Citarum di Desa Buah Batu, Kec.Bojong Soang, Kabupaten Bandung.

Teks: Diella Dachlan, Foto: Deden Iman/Dok.Cita-Citarum

Artikel Terkait:
Tanaman Hias di Bantaran Sungai Cidurian

Menata Seruas Sungai Cidurian

Pak Djajadi: Tidak Kenal Pensiun untuk Lingkungan

Sebuah Modal Sosial untuk Perubahan

 

Download PDF:
Titik Sampah di Sungai Cidurian