Lokakarya Koordinasi Roadmap dan Program Investasi Citarum

Subang, Citarum.org- Sekitar 160 orang yang mewakili berbagai pemangku kepentingan (pemerintah pusat, pemerintah daerah, kalangan masyarakat, swasta dan LSM) menghadiri Lokakarya Koordinasi Roadmap dan Program Investasi Citarum. Acara ini diselenggarakan oleh PCMU Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) bekerjasama dengan RCMU Direktorat Pengairan dan Irigasi-Bappenas.

Lokakarya dua hari pada hari Kami dan Jumat (29-30 Oktober) berlokasi di Hotel Sari Ater, Subang.  Agenda lokakarya hari pertama diisi dengan presentasi, panel diskusi serta kelompok diskusi dimana peserta dibagi ke dalam 6 kelompok (masing-masing sekitar 15-20 peserta per kelompok) berdasarkan segmen wilayah sungai Citarum untuk mendiskusikan kegiatan/program, masalah/tantangan, alternatif solusi dan saran/rekomendasi.

Dengan dipandu oleh seniman dan penggiat lingkungan, Aat Suratin, acara diawali dengan pengantar mengenai Citarum Roadmap and Investment Program oleh Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas, Ir. Donny Azdan, MA, MS, PhD, yang kemudian dilanjutkan oleh presentasi ‘Kegiatan Project-1 Pengelolaan Sumber Daya Citarum’ oleh Direktur Sungai, Danau dan Waduk, Departemen Pekerjaan Umum, Ir. Widagdo, Dipl. HE.

“Ibarat sebuah Orkestra, tentunya upaya ini tidak akan berjalan tanpa adanya keselarasan dari berbagai pemangku kepentingan,” papar Widagdo dengan penuh semangat.

Dalam lokakarya ini juga dipresentasikan beberapa sesi menarik antara lain, ‘Peranan LSM dalam Citarum Roadmap’, yang dipaparkan oleh Asep Kuryana dari BBWS. Asep mengajak pula beberapa aktivis LSM penggiat lingkungan di Citarum untuk ikut serta tampil kedepan untuk berbagi pengalaman mereka. 

Dalam sesi contoh dan praktek yang baik, peranan pemerintah daerah dalam Citarum Roadmap dipaparkan oleh Ir Primamayaningtias, MSc dari BPLHD Jawa Barat. Berikutnya, Abrar Prasodjo dari Wanadri menampilkan kisah menarik sungai Citarum dari hulu ke hilir dan kegiatan penyusuran sungai Citarum di daerah hilir. Pada acara ini juga ditampilkan untuk pertamakalinya website citarum.org oleh Candra Samekto, ST, MSc dari Direktorat Pengairan dan Irigasi Bappenas. 

Diskusi semakin hangat saat sesi dialog dengan moderator Donny Azdan dan pembicara Erry Riyana Hardjapamengkas (mantan wakil ketua KPK), Rifai Natanegara (Wanadri), Widagdo dan Primamayaningtias.

Selepas makan siang, para peserta dengan antusias terlibat diskusi aktif dalam enam kelompok berdasarkan segmen wilayah sungai Citarum.

“Inilah pertamakalinya saya melihat pemerintah baik pusat dan daerah duduk bersama dengan masyarakat membicarakan upaya kongkrit untuk masa depan Citarum,” tutur Daud, peserta dari kalangan LSM yang bekerja di wilayah Pengalengan, Jawa Barat, dengan rasa haru.

Acara lantas diakhiri keesokan pagi dengan sesi team building dan penandatanganan kesepakatan untuk komitmen bersama membuat Citarum yang lebih baik.  (why/die) 
 

Download:

Report Lokakarya Koordinasi

Presentasi Citarum Roadmap

Peta Citarum dalam 6 Segmen