Pesantren Lingkungan di Citarum

Pondok Pesantren Nurul Bahri dan Komunitas Elemen Lingkungan (Elingan) bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) mengadakan kegiatan Pesantren Lingkungan di Bulan Ramadhan. Temanya yaitu “Menumbuhkembangkan perilaku pelajar dalam mengelola lingkungan di Wilayah Sungai Citarum”.

Kegiatannya dilakukan selama tiga hari (25 - 28 Agustus) di Ponpes Nurul Bahri, kampung Sukasari Desa Sangkanhurip kecamatan Ketapang, Kabupaten Bandung.

“Alhamdulillah, sekarang ini kegiatan diikuti oleh 80 siswa SMP dari 13 kecamatan di Kotamadya dan Kabupaten Bandung seperti Kertasari, Pacet, Majalaya, Ibun, Paseh, Bojongsoang, Margahayu dan Ketapang” Kata Pimpinan Ponpes, Asep Setiawan yang akrab dipanggil Ustad Asep ini, sambil berharap bahwa kegiatan ini terus dapat dilakukan untuk tahun-tahun mendatang.

Lokasi pesantren yang terletak di dekat Sungai Citarum ini, diharapkan dapat membuat siswa langsung dapat melihat kondisi sungai Citarum saat ini. Selain mempelajari agama dan mengaji, siswa pesantren kilat ini juga mempalajari materi seperti mengenal DAS Citarum, pengelolaan kualitas air, daur ulang sampah dan tadabur alam.

Selain itu siswa juga mempelajari kesenian dan keterampilan seperti membuat kerajinan dari daur ulang sampah, menyanyikan lagu Citarum serta melakukan pawai obor dengan membagikan pesan lingkungan ke masyarakat di sekitar pondok pesantren.

“Semakin dini anak-anak diperkenalkan dan mencintai lingkungan, maka akan semakin baik. Semoga generasi muda ini dapat lebih mencintai dan melestarikan alam” Kata Ustad Asep.