Sungai Citarum

Sungai Citarum merupakan sungai yang terpanjang dan terbesar di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Sungai yang mengalir sepanjang 297 km ini membentang dari hulunya di Situ Cisanti yang teletak di kaki Gunung Wayang sebelah selatan Kota Bandung, bermuara di Pantai Utara Pulau Jawa tepatnya di Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Photo by : Deden Iman / Doc. Cita-Citarum.

Situ Cisanti

Situ Cisanti, mata air utama Sungai Citarum ini berada di kaki Gunung Wayang tepatnya di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Photo by : Denny Sambas & Saleh Sudrajad / Doc. Cita-Citarum.

Mensinergiskan Pemulihan Citarum Lewat Musrenbang

Bertempat di Hotel Horison Bandung, pada Selasa tanggal 15 April 2014 telah dilaksanakan agenda tahunan Musyawarah Perencana Pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat tahun 2015.
Selengkapnya

Gotong Royong Bersihkan Sungai Cidurian

Bandung - Seruas sungai Cidurian sepanjang 1,6 kilometer di jl Soekarno Hatta, Kota Bandung, memerah
Selengkapnya

Pertama: Kejuaraan Selancar Sungai Dunia di Citarum

Bandung Barat - Sungai Citarum menjadi lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Selancar Sungai (Riverboarding) yang diselenggarakan di Bantar Caringin, di kawasan Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat pada 6 hingga 10 November 2013. Kompetisi ini baru pertama kalinya diselenggarakan di dunia. Keterangan foto: Atlet Riverboarding perempuanberlatih di Sungai Citarum sebelum kompetisi dimulai.
Selengkapnya

Citarum Roadmap dan Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP) merupakan gambaran strategi, rencana dan pelaksanaan yang memetakan posisi saat ini dengan visi, hasil dan tujuan yang ingin kita capai di masa depan untuk pengelolaan terpadu sungai Citarum. Visi bersama untuk Citarum ini juga disebut sebagai CITA-CITARUM.

Visi Cita Citarum :
Pemerintah dan masyarakat bekerja bersama
demi terciptanya sungai yang bersih, sehat dan produktif,
serta membawa manfaat berkesinambungan bagi seluruh masyarakat di wilayah Citarum

Berita & Artikel

  • CITARUM: PRIORITASKAN DAERAH BERMASALAH

    DATA dan studi Sungai Citarum sudah sangat lengkap. Meskipun demikian, untuk membahas masalahnya, baik lewat pendekatan daerah aliran sungai maupun dari perspektif wilayah sungai, ruang ini tidak akan pernah cukup. Terlalu kompleks!

    Selengkapnya...

  • MIMPI MEWUJUDKAN CITARUM YANG LESTARI

    Udara yang cukup dingin yang disertai kabut tipis dan hujan gerimis tidak menjadi halangan Pak Nandang meninjau lokasi penanaman tanaman konservasi di kawasan Desa Tarumajaya. Lokasinya berbatasan tepat dengan kebun teh PT. PP London Sumatera Indonesia – Kertasarie Estate atau yang lebih dikenal dengan Lonsum, salah satu perusahan pengelolah teh yang masih bertahan hingga kini.

    Selengkapnya...

  • MEMPROMOSIKAN KONSERVASI LAHAN TERPADU

     “Banjir saat musim hujan dan kekeringan saat musim kemarau adalah indikator yang  menunjukkan fakta bahwa telah terjadi kerusakan Daerah Aliran Sungai. Kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang kritis, terutama di bagian hulu, telah menurunkan kemampuan daya dukung pasokan air”, ungkap Ir. Prasetyo Nuchsin, MM, Direktur Perluasan dan Pengelolaan Lahan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian menyikapi semakin menurunnya kondisi lingkungan Sungai Citarum.

    Selengkapnya...

  • BUPATI CIANJUR MENDUKUNG KELANJUTAN PROGRAM CWMBC

    Cianjur/Kamis 26/11/2015. Bupati Cianjur, Drs. H Tjetjep memberikan pernyataan untuk mendukung kelanjutan program pelestarian hulu DAS Cianjur (Citarum Watersheed Management and Biodiversity Conservation). Pernyataan tersebut disampaikan pada acara seminar exit strategy ICWRMIP-CWMBC di kantor Bappeda yang dihadiri dari perangkat SOPD Cianjur, perangkat desa dan kecamatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial serta kelompok masyarakat.

    Selengkapnya...

Profil Tokoh Citarum

Laporan Citarum

Buku Tamu

Nofi Octaviani

Tanggal Posting : Kamis, 16 Juni 2016 14:25

Alamat Email:nofiocta@gmail.com

Uraian : Selamat pagi.<br /> Saya sedang mengerjakan penelitian terkait dengan sedimentasi DAS Citarum bagian hilir untuk periode 2015-2016. Apakah tersedia arsip untuk data-data tersebut?

Tanggapan :
Sdr. Nofi Octaviani Yth. Terimakasih telah mengunjungi website kami. Terkait data yang saudari perlukan, kami akan mengirimkan laporan erosi dan sedimentasi di Sungai Citarum melalui email saudari. Semoga dapat menjadi salah satu referensi dalam penelitian saudari. Salam, Admin Citarum

Fina Fauziah

Tanggal Posting : Jumat, 15 Juli 2016 22:05

Alamat Email:fina.gmmobil@yahoo.com

Uraian : Selamat siang Ibu/Bapak Saya disini, boleh kirim company profile gak ya? Citarum kan banyak proyek insfraktukturnya, saya berharap bisa menjalin komunikasi untuk memperkenalkan perusahaan saya dibidang kendaraan berat. mungkin, dalam proyek tersebut membutuhkan kendaraan / alat berat. Bpak/Ib...

Tanggapan :
Sdr.Fina Fauziah Yth Terimakasih telah menghubungi website kami. Terkait dengan penawaran perusahaan saudari, akan lebih tepat jika saudari menghubungi pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, melalui Telp. +62 22 7564073, Fax. (022) 7505760 atau melalui website www.bbwscitarum.com u...

Peta Citarum

logo GIS6

IME Citarum

Infografis Citarum

Infographic Citarum Roadmap

Infographic Citarum Now

Infographic Community Participation

webgis

Arsip Berita