Tujuan dan Visi

TUJUAN dari kegiatan Paket B adalah menerapkan Manajemen Sumber Daya Air yang lebih efisien, efektif dan terpadu untuk mengurangi tingkat stres air dan memperbaiki kondisi kritis kualitas air di 3 (tiga) Wilayah Sungai (WS Cidanau-Ciujung-Cidurian, WS Ciliwung-Cisadane dan WS Citarum) serta memaksimalkan manfaat dari lCWRMIP di aliran Sungai Citarum khususnya.

VISI dari kegiatan ini adalah bahwa kombinasi dari peningkatan kapasitas dan Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) adalah kunci untuk perubahan yang efektif. Peningkatan kapasitas bagi seluruh pemangku kepentingan akan menciptakan platform yang tepat dan kondisi yang memadai bagi pemerintahan untuk mencapai hasil yang optimal dan berkelanjutan.

Pembangunan kapasitas dalam RBMO's akan menghasilkan staf yang mampu dengan keterampilan yang baik dan alat-alat yang memadai, dan bekerja di lingkungan yang memungkinkan. Prosedur perencanaan yang tepat akan menghasilkan informasi penting, ini bukan hanya memerlukan investasi saja , tetapi juga langkah-langkah tentang cara untuk mewujudkan investasi ini dan pemanfaatannya secara berkelanjutan. Karena hal ini disajikan kepada semua stakeholder melalui penilaian yang berimbang dan disusun berdasarkan prioritas untuk pengambilan keputusan, proses perencanaan akan menjadi basis pengetahuan umum, untuk meningkatkan pengetahuan, sementara itu memungkinkan kesepakatan mengenai visi untuk masa depan dan preferensi dan prioritas untuk mendekati visi ini.

Kegiatan Paket B dalam kerangka ICWRMIP dilaksanakan di bawah Executing Agency dan Project Implementing Unit (PIU) Kementerian Pekerjaan Umum. Paket B terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu:

  1. TA B1 - Perkuatan Kelembagaan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di Wilayah Sungai 6 Ci / Institutional Strengthening for Integrated Water Resources Management in 6 Cis River Basin.
  2. TA B2- Perencanaan Tata Ruang Untuk Kawasan Wilayah Sungai 6 Ci / Spatial Planning for 6 Ci’s River Basin Teritory.
  3. TA B3 - Pengembangan Kebijakan Pokok dan strategi untuk pengelolaan SDA di Wilayah Sungai Citarum / Development of Keys Policies and Strategy untuk IWRM.

gbr1