Para Pemangku Kepentingan

Program Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu Citarum (ICWRMIP) melibatkan berbagai pihak baik yang terkait langsung maupun yang tidak langsung dengan program ini. Para pemangku kepentingan utama adalah sebagai berikut:

1. Pemerintah Republik Indonesia
Merupakan pelaksana utama program ini dengan bekerjasama dan berkordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Kementerian dan departemen terkait adalah sebagai berikut:

a. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas)

b. Departemen Pekerjaan Umum

c. Departemen Pertambangan dan Energi

d. Departemen Kehutanan

e. Departemen Pertanian

f. Departemen Kesehatan

g. Kementerian Lingkungan Hidup

Kementerian dan departemen terkait ini merupakan Komite Sumber Daya Air Nasional (National Water Resources Steering Committee) Koordinasi dilakukan baik di tingkat pusat, propinsi dan kabupaten dibawah departemen masing-masing.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/CSOs)
Merupakan kelompok-kelompok yang berhubungan dengan program pemberdayaan masyarakat, khususnya yang bergerak di seputar kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sungai Citarum.

3. Para Pelaku Usaha
Kalangan pelaku usaha memiliki potensi besar untuk memulai ataupun melanjutkan upaya yang mendukung upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Biasanya dilakukan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

4. Mitra Lembaga Keuangan International
ICWRMIP menerima dukungan bantuan keuangan dari Bank Pembangunan Asia